Anime Terbaik

Melihat dari Sisi yang Berbeda : Menjadi Enterpreneur itu Keren !!

Melihat dari Sisi yang Berbeda : Menjadi Enterpreneur itu Keren !! – Masyarakat zaman sekarang lebih memilih untuk bekerja, karena dengan bekerja kondisi finansial mereka sudah terjamin dan berada di posisi yang cukup aman. Namun posisi aman bukanlah sebuah zona yang menyenangkan untuk para enterpeneur baik yang muda ataupun yang sudah lama sekali menggeluti dunia enterpreneur.

Enterpreneur selalu melihat hal dari sisi yang berbeda. Ketika orang berpikir untuk bekerja, enterpreneur melihat peluang bagaimana cara membuat lapangan kerja untuk orang lain. Untuk mewujudkan peluang tersebut maka enterpreneur harus berani mempertaruhkan waktu, tenaga, dan energi sepenuhnya pada tujuannya.

Seorang enterpeneur harus memiliki intuisi autosugesti tentang peluang yang ada. Karena kepekaan dan cara pandang yang berbeda terhadap peluang yang dimiliki oleh enterpreneur inilah mereka menjadi sangat keren dimata banyak orang. Ini hal yang saya dapatkan saat mengunjungi Pameran Expo UKM Istimewa 2019 di
Dinas Koperasi UKM DI Yogyakarta yang bekerja sama dengan
PLUT-KUMKM DI Yogyakarta

PANDANGAN KEREN ENTERPRENEUR MENANGKAP PELUANG DI ZAMAN SEKARANG

Dibawah ini adalah cara pandang berbeda dari enterpreneur yang bisa memotivasi kita untuk sebisa mungkin menangkap peluang dan segera mewujudkannya.

Ketika yang lain berpikir ingin membeli barang apa, Enterpreneur berpikir membuat produk apa yang dibutuhkan oleh masyarakat

Inilah sifat keren alami yang dimiliki oleh enterpreneur sukses, dimana mereka selalu berpikir untuk memenuhi kebutuhan masyrakat, patokan yang merek tetapkan bukanlah sebuah nominal, tetapi kepuasan masyarakat terhadap produk atau jasa yang mereka jual.

Kebutuhan masyarakat saat ini sangat beragam, baik dari segi fashion, teknologi, dan makanan. Sehingga enterpreneur tidak pernah kehabisan ide untuk terus mengembangkan kebutuhan masyarakat tersebut. Peluang dari kebutuhan masyarakat inilah yang banyak membuat orang memutuskan untuk menjadi enterpreneur.

Ketika yang lain bekerja keras demi gaji yang lebih banyak, Enterpreneur bekerja cerdas demi menggaji lebih banyak orang

Ketika masuk kedalam dunia kerja, orang – orang berpikir untuk bekerja keras demi mendapatkan gaji atau posisi jabatan tertentu dalam perusahaan tersebut. Namun jika saya adalah seorang enterpreneur sejati, saya akan memiliki cara pandang yang berbeda tentang gaji.

Saya akan lebih memikirkan tentang gaji karyawan dan memperbanyak orang yang digaji setiap tahunnya. Karena seorang enterpreneur bukan hanya memiliki tugas untuk memperkaya diri sendiri, tetapi juga masyarakat sekitar, terutama yang terlibat dalam bisnis tersebut

Ketika yang lain sibuk dengan tugas kuliah, Enterpreneur sibuk dengan praktik ilmu kemampuan wirausaha dan menjual

Ini adalah tantangan untuk saya yang memutuskan untuk menjadi enterpreneur. Seorang enterpreneur tidak hanya terlihat keren setelah sukses. Sejak duduk di bangku kuliah, saya bisa terlihat keren. Karena ketika teman – teman saya sibuk dengan tugas kuliah, nilai kuliah, dan presentasi di kampus. Saya menyibukan diri dengan mencari ilmu dan praktik tentang dunia usaha di luar kampus.

Hal inilah yang membuat aktivitas saya lebih keren dibandingkan dengan teman – teman mahasiswa di kampus biasanya. Namun dibalik itu semua ada harga yang harus dibayar dengan waktu dan pikiran yang ekstra agar kuliah dan cita – cita menjadi enterpreneur tetap berjalan secara bersamaan

Ketika yang lain menggunakan sosial media untuk curhat, enterpreneur menggunakan sosial media sebagai lahan jualan

Ini hal yang menarik dari enterpreneur, mereka melihat sosial media dari sisi dan fungsi yang berbeda. Dulu, ada dosen marketing berkata kepada saya, “bawalah produkmu ke tempat yang ramai“. Arti kata ramai di sini bukan berarti hanya keramaian di dunia nyata yang berbentuk fisik, tetapi semua keramaian dimana terdapat berkumpulnya banyak orang seperti sosial media sangat cocok sekali untuk berjualan.

Enterpreneur yang keren berani menghapus status sosialnya untuk berjualan di akun utama dan akun jualannya. Tetapi untuk menjadi sekeren itu tentu tidaklah mudah. Enterpreneur tersebut harus tahan dengan yang namanya kritik dan pembeli yang PHP. Maka dari itu, untuk menjadi enterpreneur tidaklah mudah, karena musuh terbesar seorang enterpreneur adalah gengsinya sendiri.

Ketika yang lain mengingkan kesusksesan, Enterpreneur bertekad untuk mendapatkan kesuksesan

Ini yang membuat enterpreneur menjadi sangat keren dan sangat berbeda dengan orang kebanyakan. Karena ketika orang lain berandai – andai unuk menjadi sukses, para enterpreneur memutuskan untuk bertekad menjadi sukses, dan mereka tidak akan pernah berhenti untuk mendapatkan kesuksesan, apapun yang terjadi walau harus menghadapi 1000 kegagalan.

Tidak semua orang langsung bisa bertekad dan gigih untuk menjadi enterpreneur, diperlukan pengalaman, hasrat, keyakinan, dan dukungan (baik dukungan dari dalam diri atau dari orang lain). Maka dari itu dibalik suksesnya enterpreneur yang sekarang terdapat banyak sekali petualangan yang sangat menarik untuk diikuti.

Ketika yang lain melakukan pekerjaan yang sama terus menerus, enterpreneur terus menghadapi pekerjaan dan tantangan baru

Enterpreneur adalah orang keren yang sangat kreatif, umunya mereka adalah seorang dengan daya imajinasi yang sangat aktif. Maka dari itu mereka selalu terpikirkan akan inovasi – inovasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Seorang enterpreneur tidak bisa melakukan pekerjaan yang sama terus menerus, mereka lebih tertarik untuk menghadapi tantangan yang baru, bukan berada di zona aman mereka. Kalo suka dengan zona aman, ngapain jadi enterpreneur ?.

Jadi enterpreneur itu artinya menjerumuskan diri ke hutan belantara, tidak ada keamanan gaji tetap untuk hidup. Kamu akan hidup apabila kamu berhasil melewati rintangan dan selalu mencari cara baru yang lebih efektif demi menjadi sukses.

Sisi keren enterpreneur yang dapat saya lihat memang terdengar sangat aneh. Tetapi itulah apa yang saya analisis dari enterpreneur sukses. Hal – hal seperti ini yang harus kita pelajari dari enterpreneur, jika kita ingin menjadi sesukses mereka atau bahkan melampaui mereka.

wantopia

Mahasiswa S1 T. Informatika UAD dan Manajemen UST Yogyakarta. Mitra Semesta, Buku, Black Kopi, Black Styles, Djarum Black, Petualang. Untuk yang ingin sharing dan ngopi bareng bisa email ke suwantoslim@gmail.com